WELCOME TO DHARUS BLOG

Senin, 17 Oktober 2011

Contoh Silabus matematika


Double Wave:   






Nama Sekolah         : MA PPMI ASSALAAM
Mata Pelajaran        : MATEMATIKA
Kelas/Program         : X
Semester              : 1
STANDAR KOMPETENSI:
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
1.1    Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma











Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma
·     Bentuk Pangkat
·     Bentuk Akar
·     Bentuk Logaritma
·    Menyimak pemahaman tentang bentuk pangkat, akar dan logaritma beserta keterkaitannya

·    Mendefinisikan bentuk pangkat, akar dan logaritma. 

·      Mendiskripsikan bentuk pangkat, akar dan logaritma, serta hubungan satu dengan lainnya.             

·      Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk pangkat  

·      Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk akar                       

·      Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk logaritma                   






·       Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya.

·      Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya.

·      Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, dan akar

·      Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional
·      Merasionalkan bentuk akar

·      Mengubah bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya.

·      Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma.

Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
10 x 40’


















Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
1.1    Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat, akar, dan logaritma


·      Menggunakan konsep bentuk pangkat, akar, dan logaritma untuk menyelesaikan soal.


·      Melakukan pembuktian tentang sifat-sifat sederhana pada bentuk pangkat, akar dan  logaritma.           

·       Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk pangkat, akar, dan logaritma

·       Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang  bentuk pangkat, akar, dan logaritma

Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
8 x40’

Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP

*): disesuaikan dengan kondisi sekola

STANDAR KOMPETENSI:
2.     Memecahkan masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat  serta pertidaksamaan kuadrat.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR

2.1    Memahami konsep fungsi








Persamaan, pertidaksamaan dan Fungsi Kuadrat
·     Fungsi Kuadrat
o Relasi dan Fungsi


o Jenis dan sifat fungsi



·     Memahami konsep tentang relasi antara dua himpunan melalui contoh–contoh.

·      Mengidentifikasi ciri-ciri relasi yang merupakan fungsi.
·      Mendeskripsikan pengertian fungsi

·      Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat-sifat fungsi
·      Mendeskripsikan karakteristik fungsi berdasarkan jenisnya.


·      Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi

·      Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat-sifat fungsi





Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian

4 x 40’








Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD

2.2    Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat

·     Grafik fungsi kuadrat

·      Menentukan nilai fungsi dari fungsi kuadrat sederhana.
·      Menggambar grafik fungsi kuadrat menggunakan hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsi pada fungsi kuadrat.
·      Membuat tafsiran geometris dari hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsi pada fungsi kuadrat.
·      Menentukan sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dari grafiknya.
·      Merumuskan hubungan antara sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dan koefisien-koefisien fungsi kuadrat.
·      Menentukan sumbu simetri dan titik puncak grafik fungsi kuadrat dari rumus fungsinya.
·      Menggambar grafik fungsi kuadrat menggunakan hasil analisis rumus fungsinya.
·      Mengidentifikasi definit positif dan definit negatif suatu fungsi kuadrat dari grafiknya.
·      Membuat grafik fungsi  aljabar sederhana ( fungsi linear, fungsi konstan, dan sebagainya) menggunakan hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsinya.


§  Menyelidiki karakteristik grafik fungsi kuadrat dari bentuk aljabarnya.

§  Menggambar grafik fungsi kuadrat

§  Menentukan definit positif dan definit negatif












·         Membuat grafik fungsi  aljabar sederhana




Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian

4 x 40’



Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP
2.3    Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.

·     Persamaan dan pertidaksanaan Kuadrat
o    Penyelesaian persamaan kuadrat
o    Penyelesaian pertidaksamaan kuadrat

·      Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan.
·      Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan rumus.
·      Menentukan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.
·      Menemukan arti geometris dari penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat menggunakan grafik fungsi kuadrat.
·      Mendeskripsikan tafsiran geometris dari penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.

·         Menentukan akar-akar persamaan kuadrat.



·         Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat


Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
4 x 40’


Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP

·         Rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat
·      Menghitung jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat dari hasil penyelesaian persamaan kuadrat.
·      Menentukan hubungan antara jumlah dan hasil kali akar dengan koefisien persamaan kuadrat.
·      Merumuskan hubungan antara jumlah dan hasil kali akar dengan koefisien persamaan kuadrat
·      Membuktikan rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat.
·      Menggunakan rumus  jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat dalam perhitungan.
·         Menggunakan rumus  jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat


Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
4 x 40’



Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP

·         Jenis akar persamaan kuadrat
·     Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat melalui contoh-contoh.
·     Mengidentifikasi hubungan antara jenis-jenis akar persamaan kuadrat dan nilai Diskriminan.
·     Merumuskan hubungan antara jenis akar persamaan kuadrat dan nilai Diskriminan.
·      Menyelidiki jenis-jenis akar persamaan kuadrat.
·         Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat



Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
2 x 40’


Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP

2.4    Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan kuadrat

·         Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui
·         Pernyelesian persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat

·      Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.
·      Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya mempunyai hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya.
·      Mengenali persamaan-persamaan yang dapat diubah ke dalam persamaan kuadrat.

·       Menyelesaikan persamaan yang dapat dibawa ke bentuk persamaan kuadrat/ pertidaksamaan kuadrat.

·      Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui.





·      Menentukan penyelesaian persamaan yang dapat dinyatakan ke bentuk persamaan kuadrat/pertidaksamaan kuadrat



Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian

4 x 40’



Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP
2.5    Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat



2.6    Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
·         Penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah
·     Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan persaman dan fungsi kuadrat.
·     Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat

·     Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat


·     Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat
§  Membuat model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat

§  Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat

§  Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat

Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
4 x 40’


Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP



STANDAR KOMPETENSI:
3.          Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu variabel

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR

3.1    Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel.






Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan
·      Sistem Persamaan Linier Dua variabel


·      Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel.
·      Menggunakan sistem persamaan linear dua variabel untuk menyelesaikan soal.

·      Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel



Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian

2 x 40’




Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP

·      Sistem Persamaan Linier Tiga variabel
·      Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan linier tiga  variabel
·      Menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan soal.
·      Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear tiga variabel




4 x 40’







·      Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
·      Menggunakan sistem persamaan Menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan soal.

·      Menentukan penyelesaian sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel



4 x 40’




3.2    Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear




3.3    Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan penafsirannya
·      Penerapan Sistem Persamaan Linier Dua dan Tiga variabel


·      Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
·      Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
·      Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang  berhubungan dengan sistem persamaan linier
·      Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
·      Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan sistem persamaan linear
·      Membuat model matematika yang berhubungan dengan sistem persamaan linear
·      Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berhubungan dengan sistem persamaan linear 
·      Menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear

2 x 40’

3.4    Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
·      Pertidaksamaan Satu Variabel Berbentuk Pecahan Aljabar
·      Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian pertidaksamaan satu variabel bentuk pecahan aljabar.
·       Menggunakan pertidaksamaan satu variabel bentk pecahan aljabar untuk menyelesaikan soal.
·      Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar.
·      Menggunakan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar untuk menyelesaikan soal

·      Menentukan syarat penyelesaian pertidaksamaan yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
·      Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar


Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
4 x 40’


Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP
3.5    Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel

3.6    Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya

·      Penerapan Pertidaksamaan Satu Variabel Berbentuk Pecahan Aljabar

·      Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel bentuk pecahan aljabar.


·      Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika atau  mata pelajaran lain yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel bentuk pecahan aljabar.

·      Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika atau  mata pelajaran lain yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel bentuk pecahan aljabar.

·      Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika atau  mata pelajaran lain yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.

·      Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel bentuk pecahan aljabar

·      Membuat model matematika yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel bentuk pecahan aljabar

·      Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel berbentuk pecahan aljabar

·      Menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel berbentuk pecahan aljabar



Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
2 x 40’


Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP
*): disesuaikan dengan kondisi sekolah
Double Wave:   



Nama Sekolah         : MA PPMI ASSALAAM
Mata Pelajaran        : MATEMATIKA
Kelas/Program         : X
Semester              : 2

STANDAR KOMPETENSI:
4.    Menggunakan logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
4.1   Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor












Logika Matematika
·      Pernyataan  dan Nilai Kebenarannya
·      Pernyataan Berkuantor
·      Negasi dari suatu pernyataan



·      Pernyataan majemuk  : Nilai kebenaran dan negasinya
o   Konjungsi
o   Disjungsi
o   Implikasi
o   Biimplikasi









·      Membedakan pernyataan dan bukan pernyataan
·      Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan
·      Menentukan negasi suatu pernyataan
·      Mengidentifikasi karakteristik pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi dan implikasi
·      Merumus nilai kebenaran dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi dan implikasi dengan tabel nilai kebenaran
·      Menentukan nilai kebenaran dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi dan implikasi
·      Merumus negasi dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi dan implikasi dengan tabel nilai kebenaran
·      Menentukan negasi dari pernyataan majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi dan implikasi
·      Mengidentifikasi pernyataan sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan pernyataan majemuk
·      Mengidentifikasi hubungan antara implikasi dengan konves, invers dan kontraposisinya
·      Menentukan konves, invers dan kontraposisi dari pernyataan berbentuk implikasi

·        Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan berkuantor
·        Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor
·        Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk
·        Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan majemuk















Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
8 x 40’

























Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP

4.2   Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau pernyataan berkuantor yang diberikan


·      Kesetaraan (ekuivalensi) dari dua pernyataan majemuk


·      Tautologi dan Kontradiksi


·      Mengidentifikasi pernyataan majemuk yang setara (ekuivalen)
·      Memeriksa kesetaraan antara dua pernyataan majemuk
·      Membuktikan kesetaraan antara dua pernyataan majemuk dengan sifat-sifat  logika matematika 
·      Mengidentifikasi karakteristik dari pernyataan tautologi dan kontradiksi dari tabel nilai kebenaran
·      Memeriksa apakah suatu pernyataan majemuk merupakan suatu tautologi atau kontadiksi atau bukan keduanya

·         Memeriksa kesetaraan antara dua pernyataan majemuk
·         Membuktikan kesetaraan antara dua pernyataan majemuk
·         Membuat pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk


Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian

4 x 40’


Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP
4.3   Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan masalah
·      Penarikan Kesimpulan
o   Modus Ponens
o   Modus Tolens
o   Silogisme

·      Mengidentifikasi cara–cara penarikan kesimpulan atau konklusi dari beberapa contoh yang diberikan

·      Merumuskan cara penarikan kesimpulan berdasarkan implikasi (modus ponens, modus tolens dan silogisme)

·      Memeriksa keabsahan dari penarikan kesimpulan

·      Menyusun kesimpulan yang syah berdasarkan premis-premis yang diberikan.
·         Memeriksa keabsahan penarikan kesimpulan menggunakan prinsip logika matematika

·         Menentukan kesimpulan dari beberapa premis yang diberikan


Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
4 x 40’


Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP








STANDAR KOMPETENSI:
5.  Menggunakan perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR

5.1   Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri

Trigonometri
·    Perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku





·      lMenghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku yang sudutnya tetap tetapi panjang sisinya berbeda.
·      Mengidentifikasikan pengertian perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.
·      Menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu sudut pada segitiga siku-siku.

·      Menentukan nilai perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.





Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian

4 x 40’






Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP


·    Nilai perbandingan trigonometri dari sudut khusus.



·    Perbandingan trigonometri dari sudut di semua kuadran
·      Menyelidiki nilai perbandingan trigonometri dari sudut khusus.
·      Menggunakan nilai perbandingan trigonometri sudut khusus dalam menyelesaikan soal.

·      Menurunkan rumus perbandingan trigonometri suatu sudut pada bidang Cartesius.
·      Melakukan perhitungan nilai perbandingan trigonometri pada bidang Cartesius.
·      Menyelidiki hubungan antara  perbandingan trigonometri dari sudut di berbagai kuadran.
·         Menentukan nilai  perbandingan trigonometri dari sudut di berbagai kuadran
·      Menentukan nilai perbandingan trigonometri dari sudut khusus.


·      Menentukan nilai perbandingan trigonometri dari sudut di semua kuadran

Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
2 x 40’


4 x 40’


Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP
5.2   Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri

·    Fungsi trigonometri dan grafiknya.
·    Persamaan trigonometri sederhana.
·    Identitas trigonometri.


·    Aturan sinus dan aturan kosinus.

·         Rumus luas segitiga.
·         Menentukan nilai fungsi trigonometri.
·         Menggambar grafik fungsi trigonometri sederhana.

·         Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri sederhana.

·         Merumuskan hubungan antara perbandingan trigonometri suatu sudut.
·         Membuktikan identitas`trigonometri sederhana dengan menggunakan rumus hubungan antara perbandingan trigonometri
·         Mengidentifikasi permasalahan dalam perhitungan sisi atau sudut pada segitiga.
·         Merumuskan aturan sinus dan aturan cosinus.
·         Menggunakan aturan sinus dan kosinus untuk menyelesaikan soal perhitungan sisi atau sudut pada segitiga.
·         Mengidentifikasi permasalahan dalam perhitungan luas segitiga.
·         Menurunkan rumus luas segitiga.
·         Menggunakan rumus luas segitiga untuk menyelesaikan soal 
·      Menggambar grafik fungsi trigonometri sederhana.


·      Menyelesaikan persamaan trigonometri sederhana.


·      Membuktikan identitas trigonometri sederhana.





·      Menyelesaikan perhitungan soal menggunakan aturan sinus dan aturan cosinus.

·      Menghitung luas segitiga yang komponennya diketahui.


Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
4 x 40’


4 x 40’


4 x 40’


4 x 40’

4 x 40’


Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP
5.3   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, dan penafsirannya

·         Pemakaian Perbandingan trigonometri
·      Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
·      Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri.  

·      Menyelesaikan  model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri.     

·      Menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri.

·         Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
·         Membuat model matematika yang berhubungan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
·         Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
·         Menafsirkan hasil penyesaian masalah yang berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri

Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
4 x 40’


Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP


STANDAR KOMPETENSI:
6.  Menentukan kedudukan, jarak, dan besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR

6.1   Menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga


Ruang Dimensi Tiga
·       Pengenalan Bangun Ruang
·       Kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga


·         Mengidentifikasi bentuk-bentuk bangun ruang
·         Mengidentifikasi unsur-unsur bangun ruang
·         Menyelidiki kedudukan antara unsur-unsur bangun ruang
·         Mendeskripsikan kedudukan  antara unsur-unsur bangun ruang

·      Menentukan kedudukan titik dan garis dalam ruang
·      Menentukan kedudukan titik dan bidang dalam ruang
·      Menentukan kedudukan antara dua garis dalam ruang
·      Menentukan kedudukan garis dan bidang dalam ruang
·      Menentukan kedudukan antara dua bidang dalam ruang



Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian

4 x 40’


Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP
6.2   Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang dimensi tiga
·      Jarak pada bangun ruang
·      Mendefinisikan pengertian jarak antara titik, garis dan bidang dalam ruang
·      Menghitung jarak titik dan garis pada bangun  ruang
·      Menghitung jarak titik dan bidang pada bangun ruang
·         Menghitung jarak antara dua garis pada bangun ruang **)
·      Menentukan jarak titik dan garis dalam ruang
·      Menentukan jarak titik dan bidang dalam ruang
·      Menentukan jarak antara dua garis dalam ruang* *)

Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
10 x 40’


Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP

6.3   Menentukan besar sudut antara garis dan bidang dan antara dua bidang dalam ruang dimensi tiga



·      Sudut pada bangun ruang

·      Mendefinisikan pengertian sudut antara titik, garis dan bidang dalam ruang
·      Menggambar sudut antara dua garis dalam bangun ruang
·      Menghitung besar sudut antara dua garis pada bangun  ruang
·      Menggambar sudut antara garis dan bidang pada bangun ruang
·      Menghitung besar sudut antara garis dan bidang pada bangun ruang
·      Menggambar sudut antara dua bidang dalam bangun ruang
·      Menghitung besar sudut antara dua bidang pada bangun  ruang

·      Menentukan besar sudut antara dua garis dalam ruang
·      Menentukan besar sudut antara garis dan bidang dalam ruang
·      Menentukan besar sudut antara dua bidang dalam ruang


Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian

10 x 40’



Sumber:
· Buku Paket
· Buku referensi lain

Alat *):
· Laptop
· LCD
· OHP

*)          : disesuaikan dengan kondisi sekolah
**)        : pengayaan




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar