
Nama Sekolah :
MA PPMI ASSALAAM
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : X
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
1. Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk
pangkat, akar, dan logaritma.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1
Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
|
Bentuk Pangkat, Akar, dan Logaritma
·
Bentuk Pangkat
·
Bentuk Akar
·
Bentuk Logaritma
|
·
Menyimak pemahaman tentang bentuk pangkat, akar dan logaritma beserta
keterkaitannya
·
Mendefinisikan bentuk pangkat, akar dan logaritma.
· Mendiskripsikan bentuk pangkat, akar dan
logaritma, serta hubungan satu dengan lainnya.
· Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk pangkat
· Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk akar
·
Mengaplikasikan rumus-rumus bentuk logaritma
|
·
Mengubah bentuk pangkat negatif ke pangkat positif dan sebaliknya.
·
Mengubah bentuk akar ke bentuk pangkat dan sebaliknya.
·
Melakukan operasi aljabar pada bentuk pangkat, dan akar
·
Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat pangkat rasional
· Merasionalkan
bentuk akar
· Mengubah
bentuk pangkat ke bentuk logaritma dan sebaliknya.
·
Melakukan operasi aljabar dalam bentuk logaritma.
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
10 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
|
1.1
Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang melibatkan pangkat,
akar, dan logaritma
|
|
· Menggunakan konsep bentuk pangkat, akar, dan
logaritma untuk menyelesaikan soal.
· Melakukan pembuktian tentang sifat-sifat sederhana pada bentuk
pangkat, akar dan logaritma.
|
· Menyederhanakan bentuk aljabar yang memuat bentuk
pangkat, akar, dan logaritma
·
Membuktikan sifat-sifat sederhana tentang
bentuk pangkat, akar, dan logaritma
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
8 x40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
*): disesuaikan dengan kondisi sekola
STANDAR KOMPETENSI:
2.
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan fungsi, persamaan dan fungsi kuadrat serta pertidaksamaan kuadrat.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
2.1
Memahami konsep fungsi
|
Persamaan, pertidaksamaan dan Fungsi Kuadrat
·
Fungsi Kuadrat
o
Relasi dan Fungsi
o
Jenis dan sifat fungsi
|
·
Memahami konsep tentang relasi antara dua himpunan melalui contoh–contoh.
· Mengidentifikasi ciri-ciri relasi yang merupakan
fungsi.
· Mendeskripsikan pengertian
fungsi
· Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat-sifat fungsi
· Mendeskripsikan karakteristik fungsi berdasarkan
jenisnya.
|
·
Membedakan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan
fungsi
·
Mengidentifikasi jenis-jenis dan sifat-sifat
fungsi
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
4 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
|
2.2
Menggambar grafik fungsi aljabar sederhana dan fungsi kuadrat
|
·
Grafik fungsi kuadrat
|
· Menentukan nilai fungsi dari fungsi kuadrat
sederhana.
· Menggambar grafik fungsi kuadrat menggunakan
hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsi pada fungsi kuadrat.
· Membuat tafsiran geometris dari hubungan antara
nilai variabel dan nilai fungsi pada fungsi kuadrat.
· Menentukan sumbu simetri dan titik puncak grafik
fungsi kuadrat dari grafiknya.
· Merumuskan hubungan antara sumbu simetri dan
titik puncak grafik fungsi kuadrat dan koefisien-koefisien fungsi kuadrat.
· Menentukan sumbu simetri dan titik puncak grafik
fungsi kuadrat dari rumus fungsinya.
· Menggambar grafik fungsi kuadrat menggunakan
hasil analisis rumus fungsinya.
· Mengidentifikasi definit positif dan definit
negatif suatu fungsi kuadrat dari grafiknya.
· Membuat grafik fungsi aljabar sederhana ( fungsi linear, fungsi
konstan, dan sebagainya) menggunakan hubungan antara nilai variabel dan nilai fungsinya.
|
§
Menyelidiki karakteristik grafik fungsi kuadrat
dari bentuk aljabarnya.
§
Menggambar grafik fungsi kuadrat
§
Menentukan definit positif dan definit negatif
·
Membuat grafik fungsi aljabar sederhana
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
4 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
2.3
Menggunakan sifat dan aturan tentang persamaan dan pertidaksamaan
kuadrat.
|
·
Persamaan dan pertidaksanaan Kuadrat
o
Penyelesaian persamaan kuadrat
o
Penyelesaian pertidaksamaan kuadrat
|
· Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan
memfaktorkan.
· Mencari akar-akar persamaan kuadrat dengan rumus.
· Menentukan penyelesaian pertidaksamaan kuadrat.
· Menemukan arti geometris dari penyelesaian
persamaan dan pertidaksamaan kuadrat menggunakan grafik fungsi kuadrat.
· Mendeskripsikan tafsiran geometris dari
penyelesaian persamaan dan pertidaksamaan kuadrat.
|
·
Menentukan akar-akar persamaan kuadrat.
·
Menentukan himpunan penyelesaian pertidaksamaan
kuadrat
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
4 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
|
·
Rumus jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat
|
· Menghitung jumlah dan hasil kali akar persamaan
kuadrat dari hasil penyelesaian persamaan kuadrat.
· Menentukan hubungan antara jumlah dan hasil kali
akar dengan koefisien persamaan kuadrat.
· Merumuskan hubungan antara jumlah dan hasil kali
akar dengan koefisien persamaan kuadrat
· Membuktikan rumus jumlah dan hasil kali akar
persamaan kuadrat.
· Menggunakan rumus
jumlah dan hasil kali akar persamaan kuadrat dalam perhitungan.
|
·
Menggunakan rumus
jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
4 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
|
·
Jenis akar persamaan kuadrat
|
· Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat
melalui contoh-contoh.
· Mengidentifikasi hubungan antara jenis-jenis akar
persamaan kuadrat dan nilai Diskriminan.
· Merumuskan hubungan antara jenis akar persamaan
kuadrat dan nilai Diskriminan.
· Menyelidiki jenis-jenis akar persamaan kuadrat.
|
·
Membedakan jenis-jenis akar persamaan kuadrat
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
2 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
2.4
Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan yang berkaitan dengan
persamaan dan pertidaksamaan kuadrat
|
·
Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya diketahui
·
Pernyelesian persamaan lain yang berkaitan dengan persamaan kuadrat
|
· Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya
diketahui.
· Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya mempunyai
hubungan dengan akar-akar persamaan kuadrat lainnya.
· Mengenali persamaan-persamaan yang dapat diubah
ke dalam persamaan kuadrat.
·
Menyelesaikan persamaan yang dapat dibawa ke
bentuk persamaan kuadrat/ pertidaksamaan kuadrat.
|
·
Menyusun persamaan kuadrat yang akar-akarnya
diketahui.
·
Menentukan penyelesaian persamaan yang dapat
dinyatakan ke bentuk persamaan kuadrat/pertidaksamaan kuadrat
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
4 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
2.5
Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan
dan/atau fungsi kuadrat
2.6
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan
dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya
|
·
Penggunaan persamaan dan fungsi kuadrat dalam penyelesaian masalah
|
·
Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang mempunyai keterkaitan dengan
persaman dan fungsi kuadrat.
·
Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata
pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan
atau fungsi kuadrat
·
Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata
pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan
atau fungsi kuadrat
·
Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain
atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi
kuadrat
|
§
Membuat model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata
pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan
atau fungsi kuadrat
§ Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah
dalam matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan persamaan atau fungsi kuadrat
§
Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika, mata pelajaran lain
atau kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan atau fungsi
kuadrat
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
4 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
STANDAR KOMPETENSI:
3.
Memecahkan
masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan pertidaksamaan satu
variabel
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
3.1
Menyelesaikan sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran
linear dan kuadrat dalam dua variabel.
|
Sistem Persamaan dan Pertidaksamaan
· Sistem Persamaan Linier Dua variabel
|
· Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian
sistem persamaan linier dua variabel.
· Menggunakan sistem persamaan linear dua variabel
untuk menyelesaikan soal.
|
·
Menentukan
penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
2 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
· Sistem Persamaan Linier Tiga variabel
|
· Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian sistem
persamaan linier tiga variabel
· Menggunakan sistem persamaan linear tiga variabel
untuk menyelesaikan soal.
|
·
Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear
tiga variabel
|
4 x 40’
|
|||
|
·
Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian sistem persamaan campuran
linear dan kuadrat dalam dua variabel
· Menggunakan sistem persamaan Menggunakan sistem
persamaan linear tiga variabel untuk menyelesaikan soal.
|
·
Menentukan penyelesaian sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
|
4 x 40’
|
|||
3.2
Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear
3.3
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear dan penafsirannya
|
· Penerapan Sistem Persamaan Linier Dua dan Tiga
variabel
|
·
Mengidentifikasi masalah sehari-hari yang berhubungan dengan sistem
persamaan linier
·
Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata
pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan
sistem persamaan linier
·
Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika, mata
pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan sistem persamaan linier
· Menafsirkan penyelesaian masalah dalam
matematika, mata pelajaran lain atau kehidupan sehari-hari yang yang berhubungan dengan
sistem persamaan linier
|
·
Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan
sistem persamaan linear
·
Membuat model matematika yang berhubungan dengan
sistem persamaan linear
·
Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berhubungan
dengan sistem persamaan linear
·
Menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan sistem persamaan linear
|
2 x 40’
|
||
3.4
Menyelesaikan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan
aljabar
|
· Pertidaksamaan Satu Variabel Berbentuk Pecahan
Aljabar
|
· Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian
pertidaksamaan satu variabel bentuk pecahan aljabar.
· Menggunakan pertidaksamaan satu variabel bentk
pecahan aljabar untuk menyelesaikan soal.
· Mengidentifikasi langkah-langkah penyelesaian
pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar.
·
Menggunakan pertidaksamaan satu variabel yang melibatkan bentuk pecahan
aljabar untuk menyelesaikan soal
|
· Menentukan syarat penyelesaian pertidaksamaan
yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
· Menentukan penyelesaian pertidaksamaan satu
variabel yang melibatkan bentuk pecahan aljabar
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
4 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
3.5
Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
pertidaksamaan satu variabel
3.6
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
pertidaksamaan satu variabel dan penafsirannya
|
· Penerapan Pertidaksamaan Satu Variabel Berbentuk
Pecahan Aljabar
|
·
Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu
variabel bentuk pecahan aljabar.
·
Merumuskan model matematika dari suatu masalah dalam matematika atau mata pelajaran lain yang berhubungan dengan
pertidaksamaan satu variabel bentuk pecahan aljabar.
·
Menyelesaikan model matematika dari suatu masalah dalam matematika
atau mata pelajaran lain yang
berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel bentuk pecahan aljabar.
·
Menafsirkan penyelesaian masalah dalam matematika atau mata pelajaran lain yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu variabel.
|
·
Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu
variabel bentuk pecahan aljabar
·
Membuat model matematika yang berhubungan dengan pertidaksamaan satu
variabel bentuk pecahan aljabar
·
Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berkaitan
dengan pertidaksamaan satu variabel berbentuk pecahan aljabar
·
Menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan satu variabel berbentuk pecahan
aljabar
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
2 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
*): disesuaikan dengan
kondisi sekolah

Nama Sekolah : MA PPMI ASSALAAM
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : X
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI:
4. Menggunakan logika matematika dalam pemecahan
masalah yang berkaitan dengan pernyataan majemuk dan pernyataan berkuantor.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
4.1
Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk dan pernyataan
berkuantor
|
Logika Matematika
· Pernyataan
dan Nilai Kebenarannya
· Pernyataan Berkuantor
· Negasi dari suatu pernyataan
· Pernyataan majemuk : Nilai kebenaran dan negasinya
o
Konjungsi
o
Disjungsi
o
Implikasi
o
Biimplikasi
|
· Membedakan pernyataan dan bukan pernyataan
· Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan
· Menentukan negasi suatu pernyataan
· Mengidentifikasi karakteristik pernyataan majemuk
berbentuk konjungsi, disjungsi dan implikasi
· Merumus nilai kebenaran dari pernyataan majemuk
berbentuk konjungsi, disjungsi dan implikasi dengan tabel nilai kebenaran
· Menentukan nilai kebenaran dari pernyataan
majemuk berbentuk konjungsi, disjungsi dan implikasi
· Merumus negasi dari pernyataan majemuk berbentuk
konjungsi, disjungsi dan implikasi dengan tabel nilai kebenaran
· Menentukan negasi dari pernyataan majemuk
berbentuk konjungsi, disjungsi dan implikasi
· Mengidentifikasi pernyataan sehari-hari yang
mempunyai keterkaitan dengan pernyataan majemuk
· Mengidentifikasi hubungan antara implikasi dengan
konves, invers dan kontraposisinya
· Menentukan konves, invers dan kontraposisi dari
pernyataan berbentuk implikasi
|
·
Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan berkuantor
·
Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan berkuantor
·
Menentukan nilai kebenaran dari suatu pernyataan majemuk
·
Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan majemuk
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
8 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
4.2
Merumuskan pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk atau
pernyataan berkuantor yang diberikan
|
· Kesetaraan (ekuivalensi) dari dua pernyataan
majemuk
· Tautologi dan Kontradiksi
|
·
Mengidentifikasi pernyataan majemuk yang setara (ekuivalen)
·
Memeriksa kesetaraan antara dua pernyataan majemuk
·
Membuktikan kesetaraan antara dua pernyataan majemuk dengan sifat-sifat
logika matematika
·
Mengidentifikasi karakteristik dari pernyataan tautologi dan kontradiksi
dari tabel nilai kebenaran
·
Memeriksa apakah suatu pernyataan majemuk merupakan suatu tautologi atau
kontadiksi atau bukan keduanya
|
·
Memeriksa kesetaraan antara dua pernyataan majemuk
·
Membuktikan kesetaraan antara dua pernyataan majemuk
·
Membuat pernyataan yang setara dengan pernyataan majemuk
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
4 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
4.3
Menggunakan prinsip logika matematika yang berkaitan dengan pernyataan
majemuk dan pernyataan berkuantor dalam penarikan kesimpulan dan pemecahan
masalah
|
· Penarikan Kesimpulan
o
Modus Ponens
o
Modus Tolens
o
Silogisme
|
· Mengidentifikasi cara–cara penarikan kesimpulan
atau konklusi dari beberapa contoh yang diberikan
· Merumuskan cara penarikan kesimpulan berdasarkan
implikasi (modus ponens, modus tolens dan silogisme)
· Memeriksa keabsahan dari penarikan kesimpulan
· Menyusun kesimpulan yang syah berdasarkan
premis-premis yang diberikan.
|
·
Memeriksa keabsahan penarikan kesimpulan menggunakan prinsip logika
matematika
·
Menentukan kesimpulan dari beberapa premis yang diberikan
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
4 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
STANDAR KOMPETENSI:
5. Menggunakan perbandingan, fungsi,
persamaan, dan identitas trigonometri dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
5.1
Melakukan manipulasi aljabar dalam perhitungan teknis yang berkaitan
dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
|
Trigonometri
·
Perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
|
· lMenghitung perbandingan sisi-sisi segitiga
siku-siku yang sudutnya tetap tetapi panjang sisinya berbeda.
· Mengidentifikasikan pengertian perbandingan
trigonometri pada segitiga siku-siku.
· Menentukan nilai perbandingan trigonometri suatu
sudut pada segitiga siku-siku.
|
·
Menentukan nilai perbandingan trigonometri pada
segitiga siku-siku.
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
4 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
|
·
Nilai perbandingan trigonometri dari sudut khusus.
· Perbandingan trigonometri dari sudut di semua kuadran
|
· Menyelidiki nilai perbandingan trigonometri dari
sudut khusus.
· Menggunakan nilai perbandingan trigonometri sudut
khusus dalam menyelesaikan soal.
· Menurunkan rumus perbandingan trigonometri suatu
sudut pada bidang Cartesius.
· Melakukan perhitungan nilai perbandingan
trigonometri pada bidang Cartesius.
· Menyelidiki hubungan antara perbandingan trigonometri dari sudut di
berbagai kuadran.
·
Menentukan nilai perbandingan
trigonometri dari sudut di berbagai kuadran
|
·
Menentukan nilai perbandingan trigonometri dari sudut khusus.
·
Menentukan nilai perbandingan trigonometri dari sudut di semua kuadran
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
2 x 40’
4 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
5.2
Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
|
·
Fungsi trigonometri dan grafiknya.
·
Persamaan trigonometri sederhana.
·
Identitas trigonometri.
·
Aturan sinus dan aturan kosinus.
·
Rumus luas segitiga.
|
·
Menentukan nilai fungsi trigonometri.
·
Menggambar grafik fungsi trigonometri sederhana.
·
Menentukan penyelesaian persamaan trigonometri sederhana.
·
Merumuskan hubungan antara perbandingan trigonometri suatu sudut.
·
Membuktikan identitas`trigonometri sederhana dengan menggunakan rumus
hubungan antara perbandingan trigonometri
·
Mengidentifikasi permasalahan dalam perhitungan sisi atau sudut pada
segitiga.
·
Merumuskan aturan sinus dan aturan cosinus.
·
Menggunakan aturan sinus dan kosinus untuk menyelesaikan soal perhitungan
sisi atau sudut pada segitiga.
·
Mengidentifikasi permasalahan dalam perhitungan luas segitiga.
·
Menurunkan rumus luas segitiga.
·
Menggunakan rumus luas segitiga untuk menyelesaikan soal
|
·
Menggambar grafik fungsi trigonometri sederhana.
·
Menyelesaikan persamaan trigonometri sederhana.
·
Membuktikan identitas trigonometri sederhana.
·
Menyelesaikan perhitungan soal menggunakan aturan
sinus dan aturan cosinus.
·
Menghitung luas segitiga yang komponennya
diketahui.
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
4 x 40’
4 x 40’
4 x 40’
4 x 40’
4 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
5.3
Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan
perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri, dan penafsirannya
|
·
Pemakaian Perbandingan trigonometri
|
· Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan
perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
· Membuat model matematika dari masalah yang
berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas
trigonometri.
· Menyelesaikan
model matematika dari masalah yang berkaitan dengan perbandingan,
fungsi, persamaan dan identitas trigonometri.
· Menafsirkan hasil penyelesaian masalah yang
berkaitan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri.
|
·
Mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas
trigonometri
·
Membuat model matematika yang berhubungan dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas
trigonometri
·
Menentukan penyelesaian model matematika dari masalah yang berkaitan
dengan perbandingan, fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
·
Menafsirkan hasil penyesaian masalah yang
berkaitan dengan perbandingan,
fungsi, persamaan dan identitas trigonometri
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
4 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
STANDAR KOMPETENSI:
6. Menentukan kedudukan, jarak, dan
besar sudut yang melibatkan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga.
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
6.1
Menentukan kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
|
Ruang Dimensi Tiga
·
Pengenalan Bangun Ruang
·
Kedudukan titik, garis, dan bidang dalam ruang dimensi tiga
|
·
Mengidentifikasi bentuk-bentuk bangun ruang
·
Mengidentifikasi unsur-unsur bangun ruang
·
Menyelidiki kedudukan antara unsur-unsur bangun ruang
·
Mendeskripsikan kedudukan antara
unsur-unsur bangun ruang
|
·
Menentukan kedudukan titik dan garis dalam ruang
·
Menentukan kedudukan titik dan bidang dalam ruang
·
Menentukan kedudukan antara dua garis dalam ruang
·
Menentukan kedudukan garis dan bidang dalam ruang
·
Menentukan kedudukan antara dua bidang dalam
ruang
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
4 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
6.2
Menentukan jarak dari titik ke garis dan dari titik ke bidang dalam ruang
dimensi tiga
|
·
Jarak pada bangun ruang
|
·
Mendefinisikan pengertian jarak antara titik,
garis dan bidang dalam ruang
·
Menghitung jarak titik dan garis pada bangun ruang
·
Menghitung jarak titik dan bidang pada bangun
ruang
·
Menghitung jarak antara dua garis pada bangun
ruang **)
|
·
Menentukan jarak titik dan garis dalam ruang
·
Menentukan jarak titik dan bidang dalam ruang
·
Menentukan jarak antara dua garis dalam ruang*
*)
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
10 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
6.3
Menentukan besar sudut antara garis dan bidang dan antara dua bidang
dalam ruang dimensi tiga
|
·
Sudut pada bangun ruang
|
·
Mendefinisikan pengertian sudut antara titik,
garis dan bidang dalam ruang
·
Menggambar sudut antara dua garis dalam bangun
ruang
·
Menghitung besar sudut antara dua garis pada
bangun ruang
·
Menggambar sudut antara garis dan bidang pada
bangun ruang
·
Menghitung besar sudut antara garis dan bidang
pada bangun ruang
·
Menggambar sudut antara dua bidang dalam bangun
ruang
·
Menghitung besar sudut antara dua bidang pada
bangun ruang
|
·
Menentukan besar sudut antara dua garis dalam
ruang
·
Menentukan besar sudut antara garis dan bidang
dalam ruang
·
Menentukan besar sudut antara dua bidang dalam
ruang
|
Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan
Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
|
10 x 40’
|
Sumber:
·
Buku Paket
·
Buku referensi lain
Alat *):
·
Laptop
·
LCD
·
OHP
|
*) : disesuaikan dengan kondisi sekolah
**) : pengayaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar