WELCOME TO DHARUS BLOG

Rabu, 13 April 2011

SILABUS MATEMATIKA SMU/SMA KELAS XI



                                                                                               
SILABUS


Nama Sekolah              : SMA Negeri 1 Bontomarannu
Mata Pelajaran             : MATEMATIKA
Kelas/Program             : XI / IPA
Semester                      : 1


STANDAR KOMPETENSI:
1.     Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR

1.1   Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive










Statistika:
diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran , ogive dan histogram







·         Mengamati dan mengidentifikasi tentang data-data di sekitar  sekolah.
·         Mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam berbagai model.            
·         Mengelompokkan berbagai macam diagram dan tabel.
·         Menyimak konsep tentang penyajian data

·      Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang.
·      Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram


Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian

4x45’










Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain

1.2   Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya 


Statistika:
diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran , ogive dan histogram


·         Melnyajikan data dalam berbagai bentuk diagram
·         Menafsirkan data dari berbagai macam bentuk.
·         Mengambil kesimpulan dari dua atau lebih kelompok data atau  informasi yang sejenis
·      Menyajikan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
·      Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive

Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
4x45’





Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain

1.3   Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya













Ukuran Pemusatan : Rataan, Modus, Median
Ukuran letak: Kuartil, desil
Ukuran Penyebaran: Janggkauan, simpangan kuartil, variansi dan simpangan baku












·         Mendiskusikan pentingnya penyajian data dalam bentuk histogram dan ogive

·         Membuat tabel distribusi frekuensi dari data tertentu

·         Menggambar grafik histogram dari tabel distribusi

·         Menghitung ukuran pemusatan data baik data tunggal maupun data berkelompok.

·         Berdiskusi  kelompok untuk menyelesaikan soal-soal sehari-hari untuk mencari ukuran pemusatan data kemudian disajikan dalam bentuk diagram dan menafsirkan hasil yang didapat.       


·      Membaca sajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.

·      Menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.

·      Menentukan rataan, median, dan modus.

·      Memberikan tafsiran terhadap ukuran pemusatan.

·      Menentukan simpangan rata-rata dan simpangan baku

Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
10x45’





Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain


1.4   Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah






Peluang:
§  aturan perkalian
§   permutasi dan
§   kombinasi


·       Menentukan berbagai kemungkinan pengisian tempat (filling slot) dalam permainan tertentu atau masalah-masalah lainnya.

·      Berdiskusi mengenai kaidah pencacahan yang mengarah pada aturan perkalian, permutasi dan kombinasi. 

·       Menerapkan rumus aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi  untuk menyelesaikan soal

·      Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi.


·      Menyusun aturan perkalian, permutasi dan kombinasi

·      Menggunakan  aturan perkalian, permutasi dan kombinasi



Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
6x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain


1.5   Menentukan ruang sampel suatu percobaan





Ruang Sampel
·        Mendaftar titik-titik sampel dari suatu percobaan acak
·        Menentukan ruang sampel dari percobaan acak tunggal dan kombinasi
·        Menentukan banyaknya  titik sampel

·      Menentukan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi

·      Menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan

Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
8x45’
Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain


1.6   Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya

Peluang Kejadian
·       Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan peluang suatu kejadian
·       Menyimpulkan peluang kejadian dari percobaan yang dilakukan untuk  mendukung peluang kejadian secara teoritisnya
·       Menentukan peluang suatu kejadian, peluang komplemen suatu kejadian.
·       Menentukan peluang suatu kejadian dari soal atau masalah sehari- hari.

·      Menentukan peluang kejadian melalui percobaan

·      Menentukan peluang suatu kejadian secara teoritis


Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
8x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain






STANDAR KOMPETENSI:
2.     Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR

2.1   Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu.








Trigonometri Jumlah dan Selisih dua sudut


·       Mengulang kembali tentang konsep perbandingan sinus, cosinus dan tangen
·       Menurunkan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut
·       Menurunkan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut
·       Menerapkan rumus sinus dan cosinus jumlah dan selisih dua sudut untuk  menyelesaikan soal.    


·      Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut.


·      Menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut.



Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian

4x45’


Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



2.2   Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus

Trigonometri:
§  Jumlah dan Selisih cosinus sinus dan tangen

·       Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus

·       Menurunkan rumus jumlah dan selisih  cosinus

·       Menerapkan perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus untuk menyelesaikan soal.
·       Menyelesaikan masalah yang menggunakan rumus-rumus jumlah dan selisih dua sinus dan jumlah atau selisih dua cosinus.
·       Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut.
·       Menggunakan rumus sinus, cosinus, dan tangen sudut ganda.
·     Dengan memanipulasi rumus yang ada ,menurunkun rumus baru.
·       Diskusi kelompok, membahas pembuktian soal yang melibatkan beberapa konsep trigonometri.

·      Menyatakan perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus.


·      Menggunakan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.

·      Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut.

·      Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dari sinus dan cosinus dua sudut.






Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian

6x45’


Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain


2.3   Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus


Penerapan Jumlah dan Selisih cosinus sinus dan tangen:
o   Identitas Trigonometri
o   Masalah Aplikasi

·      Membuktikan identitas trigonometri  sederhana

·      Melakukan latihan menyelesaiakn identitas trigonometri 

·      Menghitung nilai trigonometri sudut dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus



·      Merancang dan membuktikan identitas trigonometri

·      Menyelesaiakan masalah yang melibatkan rumus jumlah dan selisih dua sudut



Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian

8x45’



Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain


















STANDAR KOMPETENSI:
3. Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya.
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
3.1   Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan


                                                    







Persamaan Lingkaran
§  Menentukan persamaan lingkaran berpusat di (0,0) dengan menggunakan teorema phytagoras
§  Menurunkan persamaan lingkaran yang berpusat di (a,b)
§  Menyatakan bentuk umum persamaan lingkaran
§  Menentukan persamaan lingkaran jika titik pusat dan jari-jarinya diketahui.
§  Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu.
·      Merumuskan persamaan lingkaran berpusat di (0,0) dan (a,b).

·      Menentukan pusat dan jari-jari lingkaran yang persamaannya diketahui.
·      Menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu.


Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
8x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain


3.2   Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi



persamaan garis singgung lingkaran
·      Menyelidiki sifat dari garis-garis yang menyinggung maupun tidak menyinggung lingkaran
·      Menurunkan teorema tentang persamaan garis singgung pada lingkaran.

·      Menentukan persamaan garis singgung lingkaran pada suatu lingkaran .
·      Menggunakan diskriminan untuk menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran.
·      Melukis garis yang menyinggung lingkaran dan menentukan sifat-sifatnya
·      Merumuskan persamaan garis singgung yang melalui suatu titik pada lingkaran.
·      Merumuskan  persamaan garis singgung yang gradiennya diketahui.



Jenis:
§ Kuiz
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
§ Tes Tertulis PG
§ Tes Tertulis Uraian
12x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain




SILABUS


Nama Sekolah           : SMA NEGERI 1 BONTOMARANNU
Mata Pelajaran          : MATEMATIKA
Kelas/Program          : XI / IPA
Semester                     : 2

STANDAR KOMPETENSI:
4. Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR

4.1   Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.


Algoritma Pembagian
Suku banyak

·      Membagi suku banyak  dengan suku banyak lain berderajat lebih rendah
·      Melakukan algoritma pembagian suku banyak dengan pembagi bentuk linier atau kuadrat
·      Melakukan latihan soal-soal dengan algoritma pembagian
·      Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan hasil bagi dan sisa pembagian

·      Menjelaskan algoritma pembagian sukubanyak.

·      Menentukan derajat sukubanyak hasil bagi dan sisa pembagian dalam algoritma pembagian.

·      Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian sukubanyak oleh bentuk linear atau kuadrat.


Jenis:
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
Tes Tertulis Uraian

4x45’











Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain




4.2   Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah


Teorema Sisa,
dan Teorema Faktor

·      Menurunkan teorema sisa dan teorema faktor

·      Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor untuk menyelesaikan soal.   
.

·      Menentukan sisa pembagian suku-banyak oleh bentuk linear dan kuadrat dengan teorema sisa.

·      Menentukan faktor linear dari suku-banyak dengan teorema faktor.

·      Menyelesaikan persamaan suku-banyak dengan menggunakan teorema faktor.


Jenis:
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
Tes Tertulis Uraian

8x45’


Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain














STANDAR KOMPETENSI:
5  Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
5.1     Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi



















Fungsi komposisi





















·         Membahas ulang pengertian fungsi
·         Menjelaskan arti komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari secara aljabar
·         Mengidentifikasi fungsi-fungsi baik yang dapat atau tidak dapat  dikomposisikan melalui contoh
·         Menyimpulkan syarat komposisi fungsi
·         Melakukan latihan soal fungsi komposisi yang bervariasi
·         Menyelidiki dan sifat-sifat komposisi fungsi melalui contoh
·         Menggunakan aturan komposisi dari beberapa fungsi untuk menyelesaikan masalah
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  komponen yang membentuk fungsi komposisi.
·      Menentukan syarat dan aturan fungsi yang dapat dikomposisikan

·      Menentukan fungsi komposisi  dari beberapa fungsi.

·      Menyebutkan sifat-sifat komposisi fungsi.

·      Menentukan komponen pembentuk fungsi komposisi apabila fungsi komposisi dan komponen lainnya diketahui.







Jenis:
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
Tes Tertulis Uraian
8x45’


Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



5.2     Menentukan invers suatu fungsi

Fungsi invers
·      Melakukan kajian secara geometris untuk menentukan suatu fungsi mempunyai invers dan menyimpulkannya
·      Menggambar sketsa grafik fungsi invers dari grafik fungsi asalnya
·      Melakukan latihan menentukan fungsi invers dan grafiknya secara aljabar
·      Menyelidiki sifat invers dari fungsi melalui contoh
·      Menentukan invers dari  komposisi fungsi
·      Menerapkan aturan fungsi invers untuk menyelesaikan masalah.
    
·      Menjelaskan syarat agar suatu fungsi mempunyai invers.

·      Menggambarkan grafik fungsi invers dari grafik fungsi  asalnya

·      Menentukan fungsi invers dari suatu fungsi.

·      mengidentifikasi sifat-sifat fungsi invers.





Jenis:
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
Tes Tertulis Uraian
8x45’
l

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain












STANDAR KOMPETENSI:
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
PENILAIAN
WAKTU
SUMBER BELAJAR
6.1.   Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga.





Pengertian Limit Fungsi








·      Mendiskusikan  arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut
·      Mendiskusikan  arti limit fungsi di tak berhingga melalui perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut
·      Melakukan kajian pustaka tentang defini si eksak limit fungsi
·      Menjelaskan arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai disekitar titik tersebut

·      Menjelaskan arti limit fungsi di  tak berhingga melalui grafik dan perhitungan.



Jenis:
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
Tes Tertulis Uraian
4x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



6.2.   Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri

·      Sifat Limit Fungsi
·      Bentuk Tak Tentu
·      Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri
·      Mengenal macam-macam bentuk tak   tentu
·      Melakukan perhitungan limit dengan manipulasi aljabar
·      Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat limit fungsi

·      Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri di satu titik.

·      Menjelaskan sifat-sifat yang digunakan dalam perhitungan limit.

·      Menjelaskan arti bentuk tak tentu dari limit fungsi.

·      Menghitung limit fungsi  aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat  limit


Jenis:
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
Tes Tertulis Uraian
14x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



6.3.   Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi












Turunan Fungsi

·      Mengenal konsep laju perubahan nilai fungsi dan gambaran geometrisnya
·      Dengan menggunakan konsep limit  merumuskan pengertian  turunan  fungsi.
·      Dengan menggunakan aturan turunan menghitung turunan fungsi aljabar.
·      Menurunkan sifat-sifat turunan dengan menggunakan sifat limit
·      Menentukan berbagai turunan fungsi aljabar dan trigonometri
·      Menentukan turunan fungsi dengan menggunakan aturan rantai
·      Melakukan latihan soal tentang turunan fungsi

·      Menghitung limit fungsi yang mengarah ke konsep turunan.
·      Menjelaskan arti fisis (sebagai laju perubahan) dan arti geometri turunan di satu titik
·      Menghitung turunan fungsi yang sederhana dengan menggunakan definisi turunan
·      Menentukan sifat-sifat turunan fungsi
·      Menentukan turunan fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat turunan
·      Menentukan turunan fungsi komposisi dengan aturan rantai.


Jenis:
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
Tes Tertulis Uraian
4x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain



6.4.   Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah










Karakteristik Grafik Fungsi
·       Mengenal secara geometris tentang fungsi naik dan turun
·       Mengidentifikasi fungsi naik atau fungsi turun menggunakan aturan turunan.                      
·       Menggambar sketsa grafik fungsi dengan menentukan perpotongan sumbu koordinat, titik stasioner dan kemonotonannya
·       Menentukan titik stasioner suatu fungsi beserta jenis ekstrimnya
·       Menyelesaiakan persamaan garis singgung fungsi.

§ Menentukan fungsi monoton naik dan turun dengan menggunakan konsep turunan pertama
§ Menggambar sketsa grafik fungsi dengan menggunakan sifat-sifat turunan
§ Menentukan titik ekstrim grafik fungsi
§ Menentukan persamaan garis singgung dari sebuah fungsi



Jenis:
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
Tes Tertulis Uraian
6x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain




6.5.   Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi






Model matematika Ekstrim Fungsi

·      Menyatakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari dan membawanya ke konsep turunan.
·      Menentukan variabel-variabel dari masalah ekstrim fungsi
·      Mengembangkan strategi untuk merumuskan model matematika dari masalah ekstrim fungsi.

§ Mengidentifikasi masalah-masalah yang bisa diselesaikan dengan konsep ekstrim fungsi

§ Merumuskan model matematika  dari masalah ekstrim fungsi



Jenis:
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
Tes Tertulis Uraian

6x45’

Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain




6.6.   Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya



Solusi masalah ekstrim Fungsi





·       Diskusi kelompok membahas soal aplikatif dengan menggunakan konsep turunan
·       Menentukan penyelesaian dari model matematika dan menafsirkannya


·      Menyelesaiakan model matematika dari masalah ekstrim fungsi
·      Menafsirkan solusi dari masalah  nilai ekstrim



Jenis:
§ Tugas Individu
§ Tugas Kelompok
§ Ulangan

Bentuk Instrumen:
Tes Tertulis Uraian


4x45’



Sumber:
·  Buku Paket
·  Buku referensi lain











Tidak ada komentar:

Posting Komentar