SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Bontomarannu
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XI / IPA
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive | Statistika: diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran , ogive dan histogram | · Mengamati dan mengidentifikasi tentang data-data di sekitar sekolah. · Mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam berbagai model. · Mengelompokkan berbagai macam diagram dan tabel. · Menyimak konsep tentang penyajian data | · Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang. · Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram | Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 4x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya | Statistika: diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran , ogive dan histogram | · Melnyajikan data dalam berbagai bentuk diagram · Menafsirkan data dari berbagai macam bentuk. · Mengambil kesimpulan dari dua atau lebih kelompok data atau informasi yang sejenis | · Menyajikan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya · Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive | Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 4x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya | Ukuran Pemusatan : Rataan, Modus, Median Ukuran letak: Kuartil, desil Ukuran Penyebaran: Janggkauan, simpangan kuartil, variansi dan simpangan baku | · Mendiskusikan pentingnya penyajian data dalam bentuk histogram dan ogive · Membuat tabel distribusi frekuensi dari data tertentu · Menggambar grafik histogram dari tabel distribusi · Menghitung ukuran pemusatan data baik data tunggal maupun data berkelompok. · Berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan soal-soal sehari-hari untuk mencari ukuran pemusatan data kemudian disajikan dalam bentuk diagram dan menafsirkan hasil yang didapat. | · Membaca sajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram. · Menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram. · Menentukan rataan, median, dan modus. · Memberikan tafsiran terhadap ukuran pemusatan. · Menentukan simpangan rata-rata dan simpangan baku | Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 10x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah | Peluang: § aturan perkalian § permutasi dan § kombinasi | · Menentukan berbagai kemungkinan pengisian tempat (filling slot) dalam permainan tertentu atau masalah-masalah lainnya. · Berdiskusi mengenai kaidah pencacahan yang mengarah pada aturan perkalian, permutasi dan kombinasi. · Menerapkan rumus aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi untuk menyelesaikan soal · Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi. | · Menyusun aturan perkalian, permutasi dan kombinasi · Menggunakan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi | Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 6x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan | Ruang Sampel | · Mendaftar titik-titik sampel dari suatu percobaan acak · Menentukan ruang sampel dari percobaan acak tunggal dan kombinasi · Menentukan banyaknya titik sampel | · Menentukan banyak kemungkinan kejadian dari berbagai situasi · Menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan | Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 8x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya | Peluang Kejadian | · Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan peluang suatu kejadian · Menyimpulkan peluang kejadian dari percobaan yang dilakukan untuk mendukung peluang kejadian secara teoritisnya · Menentukan peluang suatu kejadian, peluang komplemen suatu kejadian. · Menentukan peluang suatu kejadian dari soal atau masalah sehari- hari. | · Menentukan peluang kejadian melalui percobaan · Menentukan peluang suatu kejadian secara teoritis | Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 8x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
STANDAR KOMPETENSI:
2. Menurunkan rumus trigonometri dan penggunaannya.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
2.1 Menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut, selisih dua sudut, dan sudut ganda untuk menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu. | Trigonometri Jumlah dan Selisih dua sudut | · Mengulang kembali tentang konsep perbandingan sinus, cosinus dan tangen · Menurunkan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut · Menurunkan rumus cosinus jumlah dan selisih dua sudut · Menerapkan rumus sinus dan cosinus jumlah dan selisih dua sudut untuk menyelesaikan soal. | · Menggunakan rumus sinus jumlah dan selisih dua sudut. · Menggunakan rumus kosinus jumlah dan selisih dua sudut. | Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 4x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
2.2 Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus | Trigonometri: § Jumlah dan Selisih cosinus sinus dan tangen | · Menurunkan rumus jumlah dan selisih sinus · Menurunkan rumus jumlah dan selisih cosinus · Menerapkan perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus untuk menyelesaikan soal. · Menyelesaikan masalah yang menggunakan rumus-rumus jumlah dan selisih dua sinus dan jumlah atau selisih dua cosinus. · Menggunakan rumus tangen jumlah dan selisih dua sudut. · Menggunakan rumus sinus, cosinus, dan tangen sudut ganda. · Dengan memanipulasi rumus yang ada ,menurunkun rumus baru. · Diskusi kelompok, membahas pembuktian soal yang melibatkan beberapa konsep trigonometri. | · Menyatakan perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus. · Menggunakan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah. · Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut. · Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dari sinus dan cosinus dua sudut. | Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 6x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
2.3 Menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus | Penerapan Jumlah dan Selisih cosinus sinus dan tangen: o Identitas Trigonometri o Masalah Aplikasi | · Membuktikan identitas trigonometri sederhana · Melakukan latihan menyelesaiakn identitas trigonometri · Menghitung nilai trigonometri sudut dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan cosinus | · Merancang dan membuktikan identitas trigonometri · Menyelesaiakan masalah yang melibatkan rumus jumlah dan selisih dua sudut | Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 8x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
STANDAR KOMPETENSI:
3. Menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
3.1 Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukan | Persamaan Lingkaran | § Menentukan persamaan lingkaran berpusat di (0,0) dengan menggunakan teorema phytagoras § Menurunkan persamaan lingkaran yang berpusat di (a,b) § Menyatakan bentuk umum persamaan lingkaran § Menentukan persamaan lingkaran jika titik pusat dan jari-jarinya diketahui. § Menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu. | · Merumuskan persamaan lingkaran berpusat di (0,0) dan (a,b). · Menentukan pusat dan jari-jari lingkaran yang persamaannya diketahui. · Menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi kriteria tertentu. | Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 8x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
3.2 Menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi | persamaan garis singgung lingkaran | · Menyelidiki sifat dari garis-garis yang menyinggung maupun tidak menyinggung lingkaran · Menurunkan teorema tentang persamaan garis singgung pada lingkaran. · Menentukan persamaan garis singgung lingkaran pada suatu lingkaran . · Menggunakan diskriminan untuk menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran. | · Melukis garis yang menyinggung lingkaran dan menentukan sifat-sifatnya · Merumuskan persamaan garis singgung yang melalui suatu titik pada lingkaran. · Merumuskan persamaan garis singgung yang gradiennya diketahui. | Jenis: § Kuiz § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: § Tes Tertulis PG § Tes Tertulis Uraian | 12x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 BONTOMARANNU
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XI / IPA
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI:
4. Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
4.1 Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian. | Algoritma Pembagian Suku banyak | · Membagi suku banyak dengan suku banyak lain berderajat lebih rendah · Melakukan algoritma pembagian suku banyak dengan pembagi bentuk linier atau kuadrat · Melakukan latihan soal-soal dengan algoritma pembagian · Menggunakan algoritma pembagian sukubanyak untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan hasil bagi dan sisa pembagian | · Menjelaskan algoritma pembagian sukubanyak. · Menentukan derajat sukubanyak hasil bagi dan sisa pembagian dalam algoritma pembagian. · Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian sukubanyak oleh bentuk linear atau kuadrat. | Jenis: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: Tes Tertulis Uraian | 4x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
4.2 Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah | Teorema Sisa, dan Teorema Faktor | · Menurunkan teorema sisa dan teorema faktor · Menggunakan teorema sisa dan teorema faktor untuk menyelesaikan soal. . | · Menentukan sisa pembagian suku-banyak oleh bentuk linear dan kuadrat dengan teorema sisa. · Menentukan faktor linear dari suku-banyak dengan teorema faktor. · Menyelesaikan persamaan suku-banyak dengan menggunakan teorema faktor. | Jenis: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: Tes Tertulis Uraian | 8x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
STANDAR KOMPETENSI:
5 Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
5.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi | Fungsi komposisi | · Membahas ulang pengertian fungsi · Menjelaskan arti komposisi fungsi dalam konteks sehari-hari secara aljabar · Mengidentifikasi fungsi-fungsi baik yang dapat atau tidak dapat dikomposisikan melalui contoh · Menyimpulkan syarat komposisi fungsi · Melakukan latihan soal fungsi komposisi yang bervariasi · Menyelidiki dan sifat-sifat komposisi fungsi melalui contoh · Menggunakan aturan komposisi dari beberapa fungsi untuk menyelesaikan masalah · Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan komponen yang membentuk fungsi komposisi. | · Menentukan syarat dan aturan fungsi yang dapat dikomposisikan · Menentukan fungsi komposisi dari beberapa fungsi. · Menyebutkan sifat-sifat komposisi fungsi. · Menentukan komponen pembentuk fungsi komposisi apabila fungsi komposisi dan komponen lainnya diketahui. | Jenis: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: Tes Tertulis Uraian | 8x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
5.2 Menentukan invers suatu fungsi | Fungsi invers | · Melakukan kajian secara geometris untuk menentukan suatu fungsi mempunyai invers dan menyimpulkannya · Menggambar sketsa grafik fungsi invers dari grafik fungsi asalnya · Melakukan latihan menentukan fungsi invers dan grafiknya secara aljabar · Menyelidiki sifat invers dari fungsi melalui contoh · Menentukan invers dari komposisi fungsi · Menerapkan aturan fungsi invers untuk menyelesaikan masalah. | · Menjelaskan syarat agar suatu fungsi mempunyai invers. · Menggambarkan grafik fungsi invers dari grafik fungsi asalnya · Menentukan fungsi invers dari suatu fungsi. · mengidentifikasi sifat-sifat fungsi invers. | Jenis: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: Tes Tertulis Uraian | 8x45’ l | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
STANDAR KOMPETENSI:
6. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan fungsi dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER BELAJAR |
6.1. Menjelaskan secara intuitif arti limit fungsi di suatu titik dan di takhingga. | Pengertian Limit Fungsi | · Mendiskusikan arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut · Mendiskusikan arti limit fungsi di tak berhingga melalui perhitungan nilai-nilai di sekitar titik tersebut · Melakukan kajian pustaka tentang defini si eksak limit fungsi | · Menjelaskan arti limit fungsi di satu titik melalui perhitungan nilai-nilai disekitar titik tersebut · Menjelaskan arti limit fungsi di tak berhingga melalui grafik dan perhitungan. | Jenis: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: Tes Tertulis Uraian | 4x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
6.2. Menggunakan sifat limit fungsi untuk menghitung bentuk tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri | · Sifat Limit Fungsi · Bentuk Tak Tentu | · Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri · Mengenal macam-macam bentuk tak tentu · Melakukan perhitungan limit dengan manipulasi aljabar · Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat limit fungsi | · Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri di satu titik. · Menjelaskan sifat-sifat yang digunakan dalam perhitungan limit. · Menjelaskan arti bentuk tak tentu dari limit fungsi. · Menghitung limit fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat limit | Jenis: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: Tes Tertulis Uraian | 14x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
6.3. Menggunakan konsep dan aturan turunan dalam perhitungan turunan fungsi | Turunan Fungsi | · Mengenal konsep laju perubahan nilai fungsi dan gambaran geometrisnya · Dengan menggunakan konsep limit merumuskan pengertian turunan fungsi. · Dengan menggunakan aturan turunan menghitung turunan fungsi aljabar. · Menurunkan sifat-sifat turunan dengan menggunakan sifat limit · Menentukan berbagai turunan fungsi aljabar dan trigonometri · Menentukan turunan fungsi dengan menggunakan aturan rantai · Melakukan latihan soal tentang turunan fungsi | · Menghitung limit fungsi yang mengarah ke konsep turunan. · Menjelaskan arti fisis (sebagai laju perubahan) dan arti geometri turunan di satu titik · Menghitung turunan fungsi yang sederhana dengan menggunakan definisi turunan · Menentukan sifat-sifat turunan fungsi · Menentukan turunan fungsi aljabar dan trigonometri dengan menggunakan sifat-sifat turunan · Menentukan turunan fungsi komposisi dengan aturan rantai. | Jenis: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: Tes Tertulis Uraian | 4x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
6.4. Menggunakan turunan untuk menentukan karakteristik suatu fungsi dan memecahkan masalah | Karakteristik Grafik Fungsi | · Mengenal secara geometris tentang fungsi naik dan turun · Mengidentifikasi fungsi naik atau fungsi turun menggunakan aturan turunan. · Menggambar sketsa grafik fungsi dengan menentukan perpotongan sumbu koordinat, titik stasioner dan kemonotonannya · Menentukan titik stasioner suatu fungsi beserta jenis ekstrimnya · Menyelesaiakan persamaan garis singgung fungsi. | § Menentukan fungsi monoton naik dan turun dengan menggunakan konsep turunan pertama § Menggambar sketsa grafik fungsi dengan menggunakan sifat-sifat turunan § Menentukan titik ekstrim grafik fungsi § Menentukan persamaan garis singgung dari sebuah fungsi | Jenis: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: Tes Tertulis Uraian | 6x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
6.5. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi | Model matematika Ekstrim Fungsi | · Menyatakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari dan membawanya ke konsep turunan. · Menentukan variabel-variabel dari masalah ekstrim fungsi · Mengembangkan strategi untuk merumuskan model matematika dari masalah ekstrim fungsi. | § Mengidentifikasi masalah-masalah yang bisa diselesaikan dengan konsep ekstrim fungsi § Merumuskan model matematika dari masalah ekstrim fungsi | Jenis: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: Tes Tertulis Uraian | 6x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
6.6. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan ekstrim fungsi dan penafsirannya | Solusi masalah ekstrim Fungsi | · Diskusi kelompok membahas soal aplikatif dengan menggunakan konsep turunan · Menentukan penyelesaian dari model matematika dan menafsirkannya | · Menyelesaiakan model matematika dari masalah ekstrim fungsi · Menafsirkan solusi dari masalah nilai ekstrim | Jenis: § Tugas Individu § Tugas Kelompok § Ulangan Bentuk Instrumen: Tes Tertulis Uraian | 4x45’ | Sumber: · Buku Paket · Buku referensi lain |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar